Selasa, 03 Juli 2012

Fungsi Daun Sirih


Daun Sirih Ampuh Sembuhkan Jerawat&Jantung~

DAUNsirih yang tumbuh di pekarangan rumah sebaiknya dipelihara dengan baik. Pasalnya, manfaatnya sangat besar untuk menangkal berbagai macam penyakit.
Daun sirih merupakan tanaman yang cukup populer pada masyarakat Indonesia. Karena untuk mendapatkannya tidaklah terlalu sulit dan sering kali dijumpai di hampir seluruh wilayah Indonesia, baik itu di dataran tinggi ataupun rendah.

Daun sirih dikenal berkhasiat untuk merawat kesehatan Miss V, selain itu juga sudah banyak dikenal menyembuhkan mimisan (keluarnya darah dari hidung). Untuk menghentikan mimisan, ambil selembar daun sirih. Patahkan batangnya, kemudian digulung dan dimasukkan ke dalam lubang hidung yang mimisan. Selama hidung disumbat, penderita harus dalam posisi rebah. Biarkan selama 15-30 menit lamanya, hingga darah tak lagi keluar.

Tidak hanya mimisan saja yang dapat diantisipasi dengan tanaman obat ini, berikut beberapa penyakit yang dapat ditangkal dengan khasiat dari daun sirih, sebagaimana disitat dari buku“Tips Pintar Keluarga”karya Edi Sigar dan Ernawati.

Sakit gigi




Rebus daun sirih, gunakan untuk berkumur. Ulangi beberapa kali hingga sembuh, terutama pada bagian yang sakit. Resep ini juga berguna untuk sariawan, gusi bengkak dan bau mult.

Sakit jantung

Cuci tiga lembar daun sirih yang bertemu kedudukan ruasnya, tiga buah bawang merah, dan empat buah biji kemukus. Tumbuk hingga hangus bersama satu sendok teh jintan. Tambahkan empat sendok makan air matang. Kemudian aduk sampai rata dan saring. Minum air ramuan tersebur dua kali sehari, pagi dan sore. Bila rajin meminumnya, penderitaan akan berkurang dan sembuh.

Menghilangkan jerawat

Ambil 12 lembar daun sirih, campur dengan sepotong jahe. Masukkan keduanya dalam cangkir/gelas, kemudian seduh dengan air panas yang baru mendidih. Minum ramuan ini tiga kali sehari. Ini baik untuk menghilangkan jerawat dan bintik-bintik hitam.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar